Apa itu AutoCad : Fungsi, Kelebihan

Salah satu software yang membantu dalam dunia telekomunikasi dalam menggambar atau merencanakan sesuatu adalah AutoCad. AutoCad sangat familiar untuk orang teknik, lalu apa sih itu AutoCad, apa saja fungsi dari AutoCad dan apa kelebihannya?

Apa Itu AutoCad

AutoCad adalah salah satu software yang dikembangkan oleh Autodesk dan berfungsi untuk CAD (Computer Aided Design). Computer Aided Design (CAD) merupakan suatu program pada komputer untuk menggambar rancangan dari objek. Objek yang digambar direpresentasikan dalam bentuk garis maupun simbol yang mewakili objek tersebut. Objek yang digambarkan juga dapat berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi.

AutoCad banyak digunakan sebagai “pembantu” perancangan desain sebuah objek, Biasanya Arsitek maupun Insinyur Sipil menggunakan ini sebagai media gambar bangunan atau objek yang ingin mereka bangun atau rancang. Dengan penggunaan AutoCad yang sangat mudah sehingga banyak kalangan yang menggunakannya.

Fungsi AutoCad

Sesuai dengan namanya, Auto dan CAD. CAD disini merupakan kepanjangan dari (Computer Aided Design), seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jadi fungsi utama dari AutoCad yaitu merepresentasikan suatu objek menjadi objek dalam bentuk digital yang diwakilkan dalam bentuk garis dan simbol.

Objek yang digambarkan dalam bentuk digital tersebut dapat berupa objek 2 dimensi dan 3 dimensi. Berikut contoh dari gambar 2 dimensi dan 3 dimensi pada AutoCad :

AutoCad adalah
Hasil AutoCad 2 Dimensi
AutoCad adalah
Hasil AutoCad 3 Dimensi

Baca Juga : Cara Menggunakan Mendeley di Ms. Word

Kelebihan AutoCad

Software AutoCad menawarkan sangat banyak kelebihan kepada penggunanya, baik dari segi penggunaanya maupun hasilnya, berikut beberapa kelebihan dari AutoCad :

Akurat

Salah satu kelebihan AutoCad yaitu keakuratan dalam menggambar objek, sehingga cocok untuk merencanakan suatu proyek. Pada AutoCad terdapat ukuran panjang pada objek yang dibikin sehingga gambar yang dibikin merupakan simulasi dari objeknya.

Bidang Kerja Luas

Pada lembar kerja atau “kertas” yang digunakan pada AutoCad sangat luas, sehingga dapat menggambar objek-objek besar.

Software Ringan

Menggunakan AutoCad sangat cocok untuk komputer/laptop menengah, tidak perlu laptop/komputer dengan spesifikasi tinggi. Contoh spesifikasi minimum untuk AutoCad 2017

  • OS : Microsoft Windows 10, 8.1 or 7 SP1
  • Prosesor : Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon™ 64 processor
  • RAM : 32-bit 2 GB 64-bit: 4 GB
  • Disk space: 6.0 GB
  • 1360 x 768 display resolution with True Color

Hasil Memuaskan

Pada AutoCad terdapat banyak fitur yang memuaskan penggunannya, seperti terdapat banyak warna, ketebalan garis atau simbol, font huruf dan masih banyak lagi yang lainnya.

User Freindly

Tampilan yang ditawarkan oleh AutoCad sangat mudah dipahami, dengan tampilan dan tombol seperti cut, copy, move, trim, extend, mirroe, array, rotate dll yang mudah dipahami oleh pengguna membuat AutoCad sangat mudah dioperasikan.