Jenis-Jenis Redaman Kabel Fiber Optik

Pada transmisi dengan menggunakan kabel fiber optik akan terjadi loss pada kabel fiber optik, rugi-rugi atau redaman yang dihasilkan dapat berasal dari internal kabel maupun eksternal kabel. Apa yang dimaskud dengan redaman kabel fiber optik dan apa saja yang menyebabkan redaman pada kabel fiber optik.

Redaman Kabel Fiber Optik

Dalam desain sistem komunikasi serat optik, redaman mempunyai peranan yang sangat penting. Redaman menentukan jarak transmisi maksimum antara transmitter dan receiver, juga akan menentukan banyaknya repeater dan margin daya yang dibutuhkan dalam sebuah link.

Redaman (α) sinyal atau rugi-rugi serat didefinisikan sebagai perbandingan antara daya output optik (Pout) terhadap daya input optik (Pin) sepanjang serat L. Redaman dalam serat optik untuk berbagai panjang gelombang tidak selalu  sama karena redaman ini merupakan fungsi panjang gelombang (α(λ)).

Redaman kabel fiber optik
Rumus Redaman Kabel Fiber Optik

1. Redaman Akibat Karakteristik Fiber Optik

Jenis redaman ini biasa disebut dengan redaman internal dikarenakan redaman ini terjadi karena dari fiber optik itu sendiri. Berikut jenis dari redaman karena karakteristik dari kabel fiber optik :

1.1. Scaterring (Penghamburan)

Scaterring (Penghamburan) atau Rayleigh Scaterring timbul dari variasi mikroskopik dalam densitas bahan, dari fluktuasi komposisional dan dari ketidakhomogenan struktur dari kerusakan yang terjadi selama manufaktur.

Scaterring Fiber Optik
Scaterring Fiber Optik

Penghamburan serat optik diakibatkan karena struktur gelas pada kabel fiber optik yang tidak rata. Penghamburan atau Scaterring mengakibatkan panjang gelombang yang dihasilkan pendek.

1.2. Bending (Pembengkokan)

Pada jenis redaman ini diakibatkan karena pada saat proses pemasangan atau penarikan kabel fiber optik, struktur gelas pada kabel fiber optik tidak rata atau bengkok. Redaman yang diakibatkan oleh bending memiliki dua jenis, yaitu :

Bending Fiber Optik
Bending Fiber Optik

1.2.1. Macrobending

Sesuai dengan namanya “macro” yang berarti besar, jadi pada redaman macrobending merupakan pembengkokan pada kabel fiber optik dengan radius yang panjang bila dibandingkan dengan radius serat optik. Redaman ini dapat diketahui dengan menganalisis distribusi modal pada serat optik.

1.2.2. Microbending

Redaman microbending merupakan kebalikan dari redaman macrobending, microbending berasal dari pembengkokankecil pada serat optik akibat ketidakseragaman dalam pembentukan serat atau akibat adanya tekanan yang tidak seragam pada saat pengkabelan. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan menggunakan jaket yang tahan terhadap tekanan.

Baca Juga : Fiber Optik

2. Redaman Akibat Sambungan Kabel Fiber Optik (Splicing)

Redaman ini disebut juga dengan redaman eksternal, dikarenakan redaman ini berasal dari faktor yang bukan dari karakteristik kabel fiber optik. Redaman ini diakibatkan karena sambungan yang ada pada serat optik, setiap sambungan yang dihasilkan akan mengakibatkan redaman sekitar 0,1 dB sampai 0,5 dB. Redaman ini bersifat permanen, tidak bisa dihilangkan, salah satu cara untuk mengurangi redaman ini dengan cara membuat sambungan fiber optik yang baik.

Splicing Loss
Splicing Loss

Baca Juga : Cara Menyambung Kabel Fiber Optik beserta Tipsnya

3. Redaman Akibat Konektor Fiber Optik

Redaman ini juga termasuk redaman eksternal, dikarenakan redaman ini bukan berasal dari karakteristik kabel fiber optik, melainkan berasal dari penggunaan konektor untuk menyambung antar kabel fiber optik atau menyambung kabel fiber optik dengan perangkat. Redaman ini bersifat “tidak permanen”, yang dimaksud tidak permanen yaitu karena redaman atau konektor yang dipakai dapat berpindah-pindah. Besar redaman akibat konektor sekitar 0,5 dB.

Loss Konektor Fiber Optik
Konektor Fiber Optik