Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge

Microsoft Edge terakhir ini populer dikarenakan software ini hadir dengan versi yang user friendly dan tampilannya yang menyerupai browser-browser lain, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Kali ini Telcoomedia akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari Software Microsoft Edge.

Namun sebelumnya mari kita bahas dulu apa itu sih Microsoft Edge dan apa saja fitur yang dimilikinya.

Baca Juga : Octave vs Matlab

Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah software yang hadir untuk “menggantikan” Internet Explore. Edge merupakan produk dari Microsoft yang merupakan browser bawaan dari Windows 10.

Edge sangat beda dengan pendahulunya yaitu Internet Explore, pada Edge menerapkan tampilan yang menarik serta seperti web browser masa kini pada umumnya. Namun, Edge tidak menghilangkan ciri khas dari pendahulunya (Internet Explore), penamaan dari Microsoft Edge tidak jauh dengan simbol yang terkenal dari Internek Explore “E”.

Fitur Microsoft Edge

Fitur yang dimiliki Microsoft Edge tidak kalah dengan fitur yang dimiliki web browser modern saat ini. Edge terintegrasi dengan sistem Cortana yang dapat memberikan kontrol suara, fungsi pencarian, dan dinamis, informasi pribadi yang berkaitan dengan pencarian dalam bilah alamat.

Selain itu, Edge juga menghadirkan translate bawaan yang dapat memudahkan penggunanya untuk menerjemahkan kalimat pada halaman website yang dikunjunginya. Bookmark dan New Tab yang terlihat keren juga terdapat pada Microsoft Edge.

Edge juga mendukung penggunanya untuk dapat membuka ebook atau pdf pada brwosernya, serta mendukung untuk layanan streaming dengan resolusi mencapai 4K.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge

Setiap produk yang diciptakan oleh manusia pasti terdapat kelebihan dan kekurangannya. Kedua hal tersebut selalu berdampingan dan tidak terpisahkan.

Kelebihan Microsoft Edge

  1. Web Browser yang Ringan

Pengembang dari Microsoft Edge menjamin bahwa web browser yang dikembangkannya sangat ringan dan tidak memakan RAM, sehingga untuk membuka dan mencari sesuatu pada web browser tersebut sangat mudah.

  1. Menyediakan Fitur Screen Shoot

Selain fitur yang disebutkan diatas, Edge juga memiliki Web Capture yang berfungsi untuk menangkap layar pada halamannya dengan cara men-drag. Dengan fitur ini dapat memudahkan penggunanya untuk tidak membuka software penangkap layar lainnya.

  1. Customizable Start Page

Tampilan awal saat pengguna membuka Edge dapat dicustom sesuai dengan keinginan kita, Pada Start Page Edge terdapat portal bacaan yang dapat diatur sesuai dengan keinginan kita, misal seperti kategori olahraga, berita, ekonomi, lifestyle.

  1. Konsumsi Daya yang Hemat

Dikarenakan software yang ringan membuat Microsoft Edge mengonsumsi daya PC atau Laptop penggunanya tidak seboros browser lain. Hal ini membuat penggunanya dapat menghemat pemakaian baterai Laptopnya.

Kekurangan Microsft Edge

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Edge terdapat juga kekurangan yang dimilikinya, berikut kekurangan dari Microsoft Edge:

  1. Tidak mendukung semua Operating System (OS)

Pada Microsoft Edge tidak dapat dipasang pada berbagai OS, hanya OS Windows dengan versi Windows 10. Untuk versi yang dibawah Windows 10 tidak dapat memasang Microsoft Edge.

2. Akses produk Google yang lumayan lambat.

Pada saat mengakses produk-produk Google, seperti Google Meet, Google Drive dan lain sebagainya akan terasa lebih lambat dari pada menggunakan browser lain. Tidak hanya produk Google, untuk mengakses suatu website juga kadang terasa lebih lambat daripada menggunakan browser lainnya.

3. Minimnya Plugin

Beda dengan jenis browser-browser lainnya, Microsoft Edge masih sedikit Plugin yang dapat dipasang.

Kesimpulan

Microsoft Edge merupakan browser bawaan dari Windows 10 dan dapat dikatakan sebagai pengganti dari web browser pendahulunya yaitu Internet Explore. Browser ini dikenal dengan browser yang ringan dan hemat dalam konsumsi daya serta dapat mendukung developer dan tampilannya yang menarik (dapat di custom).

Selain itu kelebihan yang dimilikinya terdapat juga kekurangan yang ada, yaitu kurang cepat dalam mengakses produk-produk dari Google dan kurangnya Plugin yang dapat dipasang.