Mengenal Apa itu Octave

Software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memproses data secara digital, seperti menyimpan perintah mapun dokumen pada komputer.

Software berfungsi sebagai penghubung antar software, antar hardware maupun software dengan hardware.

Sama seperti software yang sudah dibahas sebelum-sebelumnya, software ini memiliki pengaplikasian dalam dunia telekomunikasi, octave. Lalu apa sih itu software octave, apa saja fungsinya?

Octave

Octave atau GNU Octave merupakan software gratis yang dikembangkan oleh GNU. Awalnya Octave dikembangkan oleh John W. Eaton (Universitas Texas).

Octave adalah software yang digunakan atau diperuntukan untuk komputasi numerik dan visualisasi data. Software ini merupakan software yang hampir sama seperti software Matlab. Octave juga menggunakan bahasa pemrograman atau coding tingkat tinggi.

Ukuran dari Software Octave itu sendiri bisa dibilang kecil, lebih kecil dari pada software Matlab. System Requirements Laptop/Komputer yang digunakan tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk laptop dengan spesifikasi sedang.

Untuk melihat informasi atau download softwarenya dapat dilihat di website Octave.

Octave Online

Apabila tidak ingin ribet untuk menginstal, octave juga terdapat versi online sehingga tidak perlu mengisntalnya, tinggal buka websitenya langsung bisa dioperasikan. Namun versi Octave online tidak selengkap dengan versi Octave yang instal di Komputer atau Laptop.

Untuk mencoba Octave Online disini

Octave
Tampilan Octave

Fungsi Octave

Fungsi dari Octave sama seperti fungsi dari software Matlab, yaitu komputansi numerik yang dapat berupa matrik maupun vektor. Selain itu octave juga berfungsi untuk visualisasi data, yang dapat berupa penyajian data dengan grafik.

Pada Octvave juga terdapat mode GUI (Graphic User Interface) untuk mempermudah penggunanya yang “awam” dengan ilmu komputer dan mode CLI (Command Line Interface) untuk yang sudah familiar dengan istilah-istilah yang ada di komputer.

Baca Juga : GUI vs CLI

Kelebihan

Untuk software Octave ini memiliki kelebihan yaitu software ini bersifat gratis sehingga penggunanya tidak perlu membayar atau crack.

Kemudian Octave dapat diinstal di berbagai OS (Operating System), seperti Windows, Linux, Mac dan lain sebagainya.

Untuk ukuran filenya sendiri atau System Requirements pada laptop/komputer yang digunakan tidak membutuhkan file dan spesifikasi yang besar.

Kekurangan

Fungsi atau tool pada Octave tidak selengkap software Matlab, karena Octave merupakan alternatif dari software Matlab.