Octave vs Matlab

Octave vs Matlab – Software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu pengguna berinteraksi dengan perangkat lain.

Dalam dunia telekomunikasi untuk mensimulasikan suatu sistem atau untuk membantu pengolahan sinyal digital terdapat software yang membantunya.

Terdapat 2 software yang familiar yaitu octave dan matlab, kedua software tersebut terdapat keistimewaan bagi masing-masing penggunanya. Baik dari segi pengoperasiannya, segi spesifikasi softwarenya maupun fitur dari softwarenya.

Pendahuluan

Sebelum membandingkan kedua software tersebut (octave vs matlab), sebaiknya baca terlebih dahulu mengenai matlab di link bawah ini

Apa Software Matlab

Dan baca juga mengenai software Octave dibawah ini

Pengenalan Software Octave

Setelah dibaca kedua artikel tersebut mengenai matlab dan octave, maka dapat membandingkan kedua software tersebut

Octave vs Matlab

Perbandingan software octave dengan matlab yang pertama dilihat dari segi System Requirement.

System Requirement

System requirement untuk Matlab itu sendiri membutuhkan sistem yang besar, jadi untuk menginstal matlab pada laptop atau PC harus laptop atau PC yang memiliki sistem besar.

Untuk system requirement Matlab pada Windows sebagai berikut :

Operating Systems

  • Windows 10 (version 1709 or higher)
  • Windows 7 Service Pack 1
  • Windows Server 2019
  • Windows Server 2016

Processors

Minimum: Any Intel or AMD x86-64 processor

Recommended: Any Intel or AMD x86-64 processor with four logical cores and AVX2 instruction set support

Disk

Minimum: 3 GB of HDD space for MATLAB only, 5-8 GB for a typical installation

Recommended: An SSD is recommended

A full installation of all MathWorks products may take up to 31 GB of disk space

RAM

Minimum: 4 GB

Recommended: 8 GB

For Polyspace, 4 GB per core is recommended

Graphics

No specific graphics card is required.

Hardware accelerated graphics card supporting OpenGL 3.3 with 1GB GPU memory is recommended.

GPU acceleration using Parallel Computing Toolbox requires a GPU that has a compute capability 3.0 or higher. For more information, see GPU Support by Release.

Untuk system requirement Matlab pada Operating System lain seperti Linux dan Mac OS dapat dilihat di website dari Matlab.

Sedangkan untuk system requirement Octave tidak sebesar dari system requirement Matlab, pada installer Octave pada windows tidak mencapai 500 MB. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada website Octave.

Dengan itu maka Octave memiliki keunggulan pada segi system requirement, dimana system requirement Octave lebih kecil daripada system requirement Matlab.

Bahasa Pemrograman

Octave vs Matlab yang kedua dilihat dari sisi bahasa pemrograman atau pengoperasiannya

Software octave dan matlab sama-sama menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, sehingga untuk menoperasikannya membutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Fitur

Dari segi fitur software octave memiliki yang berada dibawah dari matlab, pada matlab selain CLI (Command Line Interface) juga terdapat fitur simulink yang memudahkan penggunanya melakukan simulasi tanpa coding.

Selain itu octave adalah software open source atau software yang gratis, sedangkan matlab adalah software yang berbayar.

Penutup

Artikel diatas semoga menjadi referensi untuk pemilihan software octave maupun matlab. Dilihat kembali bahwa octave dan matlab sama-sama menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Matlab membutuhkan system requirement yang besar namun sebanding dengan fitur yang didapatkan, sedangkan Octave memiliki system requirement yang lebih kecil dari pada matlab namun fiturnya tidak selengkap matlab.

Demikian octave vs matlab versi dari Telcoomedia, apabila terdapat kesalahan atau ingin memberi masukan untuk artikel ini ataupun website ini dapat hubungi kami di Kontak Kami.