Pengenalan Software Matlab

Apabila membahas mengenai software yang mendukung dunia telekomunikasi sangat banyak, salah satunya adalah Matlab. Lalu apa itu software Matlab, apa saja fungsi atau kegunaannya dan apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Apa itu Matlab

Matlab atau singkatan dari Matrix Laboratory, sebuah software yang dikembangkan oleh MathWorks. Matlab adalah software yang menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (bahasa pemrograman biasa disebut oleh orang dengan istilah “coding“) dan berguna untuk visualisasi data dan komputasi numerik.

Pada Matlab tidak hanya menggunakan bahasa pemrograman semua dalam mengoperasikannya, ada juga yang menggunakan Toolbox maupun Simulink yang tidak menggunakan coding atau bahasa pemrograman.

Matlab adalah
Tampilan Matlab

Fungsi Matlab

Pada software Matlab banyak sekali tool yang memiliki fungsi berbeda-beda, berikut beberapa fungsi dari software Matlab

  1. Komputasi

Matlab berfungsi sebagai memecahkan suatu masalah matematis atau dari sebuah data input.

  1. Pemodelan Sistem

Matlab juga dapat membantu untuk menyusun sebuah pemodelan hingga tahap simulasi dari sebuah sistem.

  1. Analisa Data

Pada Matlab juga dapat digunakan sebagai analisa data dengan menggunakan tampilan grafik.

Tiga fungsi diatas merupakan sebagaian dari fungsi Matlab, masih banyak lagi fungsi atau kegunaan dari software yang satu ini.

Sistem Penyusun Matlab

  1. Development Environment
    Merupakan sekumpulan perangkat dan fasilitas yang membantu dalam menggunakan fungsi-fungsi dan file-file MATLAB. Beberapa perangkat ini merupakan sebuah Graphical User Interfaces (GUI). Termasuk didalamnya adalah MATLAB desktop dan Command Window, Command History, sebuah editor dan debugger, dan browsers untuk melihat help, workspace, files, dan search path.
  2. MATLAB Mathematical Function Library
    Merupakan sekumpulan algoritma komputasi mulai dari fungsi-fungsi dasar sepertri: sum, sin, cos, dan complex arithmetic, sampai dengan fungsi-fungsi yang lebih kompek seperti matrix inverse, matrix
    eigenvalues, Bessel functions, dan fast Fourier transforms.
  3. MATLAB Language
    Merupakan suatu high-level matrix/array language dengan control flow statements, functions, data structures, input/output, dan fitur-fitur object-oriented programming. Ini memungkinkan bagi kita untuk melakukan kedua hal baik “pemrograman dalam lingkup sederhana ” untuk mendapatkan hasil yang cepat, dan “pemrograman dalam lingkup yang lebih besar” untuk memperoleh hasil-hasil dan aplikasi yang komplek.
  4. Graphics
    MATLAB memiliki fasilitas untuk menampilkan vector dan matrices sebagai suatu grafik. Didalamnya melibatkan high-level functions (fungsi-fungsi level tinggi) untuk visualisasi data dua dikensi dan data tiga dimensi, image processing, animation, dan presentation graphics. Ini juga melibatkan fungsi level rendah yang memungkinkan bagi kita untuk membiasakan diri untuk memunculkan grafik mulai dari benutk yang sederhana sampai dengan tingkatan graphical user interfaces pada aplikasi MATLAB.
  5. MATLAB Application Program Interface (API)
    Merupakan suatu library yang memungkinkan program yang telah kita tulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan MATLAB. Ini melibatkan fasilitas untuk pemanggilan routines dari MATLAB (dynamic linking), pemanggilan MATLAB sebagai sebuah computational engine, dan untuk membaca dan menuliskan MAT-files.

Kelebihan Matlab

Software ini memiliki kelebihan yaitu, hasil dari software ini yang berupa grafik (GUI) yang sangat bagus. Terdapat tool yang lengkap bagi kalangan akademisi maupun teknik.

Baca Juga : GUI vs CLI

Kekurangan Matlab

Matlab sendiri memiliki kerurangan yaitu software ini merupakan software berbayar dan penggunaannya menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi sehingga membutuhkan pengetahuan lebih untuk mengoperasikannya.

Baca Juga : Software alternatif dari Matlab, Octave dan Perbandingan Octave vs Matlab