Pengertian Modulasi, Jenis dan Kelebihannya

Pengertian Modulasi, Jenis dan Kelebihannya- Pada sistem komunikasi terdapat istilah atau teknik modulasi, lalu apa pengertian modulasi dan apa saja jenisnya serta kelebihannya apa aja?

Mari kita bahas bersama..

Pengertian Modulasi

Modulasi merupakan teknik menumpangkan sinyal informasi pada sinyal pembawa atau sinyal carier. Sinyal dengan frekuensi rendah akan ditumpangkan pada frekuensi yang lebih tinggi. Penggunaan modulasi dikarenakan adanya sinyal informasi yang tidak sampai pada penerima diakibatkan adanya noise atau gangguan pada saat transmisi.

Jenis Modulasi

Sinyal hasil modulasi atau sinyal termodulasi akan mengikuti jenis modulasi yang digunakan. Jenis modulasi dibedakan menjadi 2, yaitu modulasi analog dan modulasi digital.

Modulasi Analog

Sesuai dengan namanya, modulasi ini digunakan pada komunikasi secara analog atau digunakan pada sinyal analog, sinyal analog memiliki bentuk gemlombang sinus. Untuk jenis dari modulasi analog yaitu

1. Modulasi Amplitudo

Modulasi amplitudo atau amplitudo modulation (AM) merupakan teknik menumpangkan sinyal frekuensi rendah ke frekuensi yang lebih tinggi dengan menggunakan parameter amplitudo. Jadi hasil dari sinyal termodulasi berupa sinyal carier yang amplitudonya mengikuti amplitudo sinyal informasi.

Baca Lebih Lanjut Modulasi Amplitudo

2. Modulasi Frekuensi

Modulai Frekuensi atau frequency modulation (FM) merupakan teknik menumpangkan sinyal informasi dengan frekuensi rendah ke sinyal pembawa dengan frekuensi yang lebih tinggi. Dengan FM, frekuensi sinyal pembawa akan berubah tergantung nilai amplitudo sinyal informasi, sedangkan untuk amplitudo sinyal pembawa tetap sama.

Baca lanjut mengenai Modulasi Frekuensi

3. Modulasi Phase

Modulasi phase atau PM merupakan modulasi yang mengubah sinyal hasil modulasi berdasarkan phasanya. Jadi sinyal pembawa akan berubah berdasarkan phasa dari sinyal informasi.

Modulasi Analog
Modulasi Analog

Modulasi Digital

Sama halnya modulasi analog, modulasi digital digunakan pada sistem komunikasi gidital, lalu apa saja jenis dari modulasi digital :

1. Amplitudo Shift Keying (ASK)

Amplitudo Shift Keying (ASK) adalah salah satu bentuk modulasi yang gelombang pembawanya dimodulasi berdasarkan Amplitudo sinyal informasi digitalnya. Dalam sistem modulasi ASK, simbol biner 1 direpresentasikan dengan suatu ketinggian Amplitudo tertentu pada gelombang pembawanya. Jika sinyalnya berupa 1, maka sinyal pembawa tersebut akan dikirimkan. Jika tidak, maka sinyal 0 yang akan dikirimkan. Dengan kata lain, munculnya frekuensi gelombang pembawa tergantung pada ada atau tidaknya sinyal digital.

2. Frequency Shift Keying (FSK)

Frequency Shift Keying (FSK) adalah bentuk modulasi digital yang gelombang pembawanya dimodulasi berdasarkan pergeseran Frekuensi. Dalam sistem modulasi FSK (Frequency Shift Keying ), maka simbol 1 dan 0 ditransmisikan Secara berbeda antara satu sama lain dalam satu atau dua buah sinyal sinusoidal yang berbeda besar frekuensinya.

3. Phase Shift Keying (PSK)

Phase Shift Keying (PSK) merupakan bentuk modulasi yang proses pemodulasian menggunakan cara penggeseran Fasa(Phase). Pada sistem modulasi Phase Shift Keying (PSK), sinyal gelombang pembawa sinusoidal dengan amplitudo dan frekuensi yang dapat digunakan untuk menyatakan sinyal biner “1” dan “0”, tetapi untuk sinyal “0” fasa gelombang pembawa tersebut digeser 180°.

Modulasi Digital
Modulasi Digital

Kelebihan Modulasi Analog

  1. Modulasi analog memiliki potensi jumlah tak terbatas resolusi teoritis sinyalnya
  2. Jangkauannya jauh

Kerkurangan Modulasi Analog

  1. Membutuhkan peralatan yang lebih lengkap
  2. Biaya yang dikeluarkan cukup besar
  3. Rentan terhadap ganggunan cuaca

Kelebihan Modulasi Digital

  1. Teknologi digital mempunyai suatu sinyal dalam bentuk digital yang mampu mengirimkan data yang berbentuk kode binari (0 dan 1),
  2. Sinyal digital juga mampu mengirimkan data lebih cepat dan tentunya dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan sinyal analog
  3. Memiliki tingkat kesalahan yang kecil, dibanding sinyal analog
  4. Data akan utuh dan akan lebih terjamin pada saat dikirimkan atau ditransmisikan di bandingkan modulasi analog
  5. Lebih stabil dan tidak terpengaruh dengan pengaruh cuaca

Kekurangan Modulasi Digital

  1. Modulasi digital termasuk yang mudah error
  2. Bila terjadi gangguan maka sistemnya akan langsung berhenti