5 Perbedaan GUI dan CLI

Perbedaan GUI dan CLI – Pada telekomunikasi terdapat software yang berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat, baik perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Setiap software dapat menggunakan antar muka berbentuk GUI dan ada juga yang menggunakan CLI serta ada yang menggunakan mode GUI dan mode CLI sekaligus.

Antarmuka pengguna atau User Interface merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk mempermudah komunikasi atau interaksi antar perangkat dengan user.

Media interaksi yang dapat berupa keyboard, mouse, maupun layar monitor.

Namun apa sih yang dimaksud dengan GUI dan CLI, apa kepanjangan dari GUI dan CLI serta apa perbedaan GUI dan CLI (GUI vs CLI)?

GUI

GUI merupakan singkatan dari Graphical User Interface

GUI adalah antarmuka pengguna yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan perangkat atau sistem operasi melalui ikon grafis dan indikator visual.

Dengan menggunakan GUI, pengguna dapat berinteraksi dengan mudah, hanya dengan melihat gambar atau ikon yang digunakan oleh perangkat atau sistem operasi tersebut.

perbedaan gui dan cli
Tampilan GUI

CLI

CLI merupakan singkatan dari Command Line Interface

CLI adalah antarmuka pengguna yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan perangkat atau sistem operasi melalui perintah berupa teks yang diinput melalui keyboard.

Setiap akan berinteraksi dengan perangkat atau sistem menggunakan perintah khusus, sesuai dengan interaksi yang akan dilakukan.

GUI vs CLI
Tampilan CLI

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge

Perbedaan GUI dan CLI

Graphical User Interface atau kepanjangan dari istilah GUI dan CLI atau kependekan dari Command Line Interface memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Lalu apa saja perbedaan GUI dan CLI (GUI vs CLI) ?

1. Pengoperasian/Penggunaan

Untuk pengoperasian pada GUI sangat mudah digunakan, dikarenakan GUI menggunakna antarmuka berbentuk tampilan grafis (ikon) yang familiar kita lihat.

Sedangkan pada CLI, untuk mengoperasikannya menggunakan perintah khusus yang lumayan sulit untuk dipahami dan penggunanya harus mengingat dari setiap code atau perintah untuk melalukan interaksi.

2. Tampilan

Pada GUI menawarkan tampilan yang sangat menarik, karena GUI lebih mengedepankan pada tampilan grafis yang user friendly.

Sedangkan pada CLI bisa dibilang menawarkan tampilan yang kurang menarik untuk pengguna awan, hanya berupa tampilan “notepad” yang berisi perintah-perintah.

3. Memori

Seperti yang kita tahu bahwa tampilan grafis membutuhkan memori yang besar sehingga untuk mode antarmuka GUI membutuhkan memori yang besar.

Berbeda dengan antarmuka CLI yang hanya menampilkan perintah dalam bentuk teks, sehingga penggunaan memori untuk mode antarmuka CLI lebih kecil dari pada GUI.

4. Spesifikasi Perangkat

Pada mode antarmuka GUI, untuk mengimbangi penggunaan memori yang tinggi maka untuk spesifikasi perangkat (hardware) membutuhkan spesifikasi yang lebih besar dari pada mode antarmuka CLI yang hanya membutuhkan penyimpanan yang sedikit.

5. Interaksi

Pada GUI dapat berinteraksi dengan satu atau lebih perangkat secara bersamaan atau multi tasking.

Tidak berbeda jauh dengan GUI, pada CLI juga dapat menerapkan kombinasi command atau perintah.

Baca Juga : Cara Menggunakan Mendeley

Kesimpulan

GUI dan CLI adalah mode antarmuka atau interface yang digunakan sebagai perantara antara perangkat dengan penggunanya. Terdapat 5 perbedaan GUI dan CLI secara umum, yaitu perbedaan dari segi pengoperasian, tampilan, memori, spesifikasi perangkat dan interaksi.