Rangkaian Clipper dan Clamper Dioda

Salah satu jenis dari rangkaian (sirkuit) dioda adalah Dioda Clipper dan Dioda Clamper. Lalu apa itu yang dimaksud dengan rangkaian clipper dan clamper dan apa saja jenisnya serta pengaplikasian dari rangkaian dioda tersebut.

Jenis Rangkaian Dioda

Jenis rangkaian yang dibahas kali ini yaitu, rangkaian clipper dan rangkaian clamper.

Rangkaian Clipper dan Clamper
Jenis Rangkaian Clipper dan Clamper

Pada gambar diatas menerangkan jenis dari rangkaian dioda, ada rangkaian dioda clipper dan clamper. Pada Dioda clipper dapat disusun secara seri dan pararel, keduanya dapat negatif dan positif.

Rangkaian Clipper

Rangkaian Dioda Clipper merupakan sebuah rangkaian yang memiliki fungsi untuk membatasi porsi sinyal tegangan untuk berada pada level tertentu, atas atau bawah acuan (offset).

Secara umum rangkaian clipper menggunakan dioda. Clipper dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: rangkaian clipper seri dan rangkaian clipper paralel. Rangkaian clipper seri berarti dioda berhubungan secara seri dengan beban, sedangkan clipper paralel berarti dioda dirangkai paralel dengan beban. Sedangkan untuk masing-masing jenis tersebut dibagi menjadi clipper negatif (pemotong bagian negatif) dan clipper positif (pemotong bagian positif).

Fungsi Clipper

Rangkaian clipper (pemotong) berfungsi untuk memotong atau menghilangkan sebagian sinyal masukan yang berada di bawah atau di atas level tertentu. Contoh sederhana dari rangkaian clipper adalah penyearah setengah gelombang. Rangkaian ini memotong atau menghilangkan sebagian sinyal masukan di atas atau di bawah level nol. Rangkaian dasar dari sebuah clipper atau pemotong sinyal dapat menggunakan sebuah dioda.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Dioda

Jenis Rangkaian Clipper

Untuk jenis dari rangkaian dioda clipper ada 2, yaitu dirangkai secara seri dan secara pararel. Kedua jenis rangkaian clipper tersebut memiliki 2 jenis lagi, yaitu negatif dan positif.

Rangkaian Clipper Seri

Poin-poin yang perlu diperhatikan dari rangkaian clipper seri dengan dioda adalah :

  1. Dioda dan sumber tegangan sebagai rangkaian utama clipper dipasang secara seri dengan sumber sinyal.
  2. Bila output rangkaian adalah katoda dioda, maka bagian positif dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian negatif akan dipotong (berarti clipper negatif).
  3. Bila output rangkaian adalah anoda dioda, maka bagian negatif dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian positif akan dipotong (berarti clipper positif).
  4. Besarnya clipping atau pemotongan sinyal adalah tegangan sumber positif (+) tegangan dioda dimana 0,7 untuk Silikon sedangkan 0,3 untuk Germanium bila menggunakan dioda zener.
Rangkaian Clipper Seri Negatif dan Positif
Rangkaian Clipper Seri Negatif dan Positif

Rangkaian Clipper Pararel

Pada clipper dengan dioda tipe paralel ada beberapa poin sebagai berikut :

  1. Dioda dan sumber tegangan sebagai rangkaian utama clipper dipasang secara paralel dengan jalur output rangkaian.
  2. Bila output rangkaian parallel dengan katoda dioda, maka bagian positif dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian negatif akan dipotong (berarti clipper negatif).
  3. Bila output rangkaian parallel dengan anoda dioda, maka bagian negatif dari sinyal input akan dilewatkan, dan bagian positif akan dipotong (berarti clipper positif).
  4. Sumber tegangan dalam rangkaian cliper ini berfungsi untuk batas pemotongan atau level clipping.
  5. Besarnya clipping atau pemotongan sinyal adalah tegangan sumber positif (+) tegangan dioda dimana 0,7 untuk Silikon sedangkan 0,3 untuk Germanium bila menggunakan dioda zener.
Rangkaian Clipper Pararel Negatif dan Positif
Rangkaian Clipper Pararel Negatif dan Positif

Baca Juga : Dioda SCR

Rangkaian Clamper

Rangkaian dioda clamper (restorer) merupakan sebuah rangkaian yang memberikan tegangan DC (searah) ke sumber tegangan AC (bolak-balik). Berikut contoh rangkaian clamper :

Rangkaian Clamper
Rangkaian Clamper

Penerapan Rangkaian Clipper dan Clamper

Berikut penerapan rangkaian dioda clipper dan clamper pada alat-alat elektronika :

  1. Alat ukur (Digital Multimeter)
  2. Radar/Pendeteksi Objek
  3. Sonar
  4. DC Restorer
  5. TV Receiver

Contoh Perhitungan

Berapakah nilai tegangan Vout pada rangkaian berikut :

Perhitungan Rangkaian Clipper
Perhitungan Rangkaian Clipper

Baca Juga : Dioda Zener