Rangkaian Saklar Sentuh dengan IC 555

Pada saat ini saklar terdapat banyak bentuk dan jenisnya, salah satu jenis saklar yaitu saklar sentuh. Lalu apa itu saklar sentuh dan bagaimana rangkaian dan cara kerjanya.

Saklar Sentuh

Sebagaimana yang kita tahu bahwa saklar memiliki fungsi untuk mematikan dan menghidupkan alat-alat elektronik. Sama halnya dengan saklar lainnya, saklar sentuh juga berfungsi seperti itu, yaitu memutus dan menyambungkan arus listrik yang mengalirinya.

Saklar sentuh berarti saklar yang pengoperasiannya dilakukan dengan sentuhan, jadi untuk mematikan dan menghidupkan alat-alat elektronik kita hanya menyentuh sensor untuk mematikan atau menghidupkan.

Saklar sentuh dapat berupa plat tembaga atau benda lainnya yang menghantar listrik.

Rangkaian Saklar Sentuh dengan IC 555

Berikut contoh rangakaian saklar sentuh dengan menggunakan IC 555 sebagai ‘otaknya’ dan LED sebagai benda elektronik yang dihidupakan dan dimatikan.

Rangkaian saklar sentuh dengan IC 555
Rangkaian saklar sentuh dengan IC 555

Cara Kerja Rangkaian Saklar Sentuh

Pertama arus dan tegangan masuk melalui kaki positif power  supply menuju ke pin discharge dan pin power IC 555. Lalu pada rangkaian selanjutnya arus dari power supply masuk melalui kaki positif  ke pin relay dan arus keluar melalui pin relay menuju ke resistor yang selanjutnya mengenai positif LED dan membuat LED menyala.

Ketika plat konduktor sebelah kiri pada rangkaian awal di beri arus yang cukup, maka arus tersebut mengalir ke komponen lain seperti, kapasitor, transistor, dan dioda, setelah itu arus akan menyalakan LED.

Arus yang diberikan pada plat konduktor hanya membutuhkan arus yang kecil, arus tersebut dapat dihasilkan dari sentuhan dari tubuh kita. Arus tersebut berfungsi untuk membangkitkan arus yang lebih besar atau penguatan arus yang diatur oleh IC 555.

Lalu ketika plat konduktor kanan diberi arus maka arus tersebut akan mengalir ke pin reset IC 555 yang akan mereset rangkaian seperti keadaan semula atau LED akan mati.

Itu sistem kerja dari IC 555, rangkaian diatas dapat diterapkan untuk rangkaian flip-flop dimana kedua lampu yang digunakan dinyalakan dengan saklar sentuh.

Demikian penjelasan dari rangkaian saklar sentuh dan baca juga mengenai elektronika lainnya serta apabila ada masukan atau kritik untuk website kami hubungi di Kontak Kami