Mengenal Sensor Gyroscope

Sensor adalah salah satu komponen pada benda elektronik yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan suatu benda. Salah satu jenis sensor yang sering dipakai belakang ini yaitu sensor gyroscope atau biasa disebut dengan sensor gyro.

Lalu apa itu sensor gyro, fungsi dari sensor gyro, prinsip kerjanya serta kelebihan dan kekurangannya?

Apa itu Sensor Gyroscope

Sensor Gyro atau sensor Gyroscope adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui pergerakan dari perangkat. Pergerakan yang dimaksud yaitu seperti perputaran atau rotasi dari perangkat. Dengan kata lain sensor gyro yaitu sensor yang digunakan untuk mempertahankan orientasi dari sebuah sudut agar tetap stabil.

Sensor Gyroscope Smartphone
Sensor Gyroscope

Sensor Gyro sering kali ditemui dalam smartphone sekarang, dengan menggunakan sensor gyro smartphone dapat digunakan untuk bermain game dan lain-lain. Sensor gyro dapat mendeteksi gerakan smartphone seperti kemiringan smartphone.

Prinsip Kerja Sensor Gyro

Sebelum menggunakan sensor gyro, sebelumnya harus dilakukan kalibarasi terlebih dahulu. Kalibrasi bertujuan untuk mendapatkan hasil dari nilai dari 3 sudut, yaitu sudut x, sudut y dan sudut z. Sudut x yang akan mendeteksi gerakan kanan dan kiri, sudut y yang mendeteksi arah atas bawah dan sudut z yang akan mendeteksi arah depan dan belakang. Proses kalibrasi sensor gyroscope dilakukan menggunakan bandul.

Pada sensor gyro terdapat cakram yang menjadi pusat dari sensor, cakram tersebut yang menjadi detektor dari pergerakan atau rotasi yang terjadi dengan mengacu pada ketiga sumbu.

Pengaplikasian Sensor Gyro

Pada awalnya sensor gyroscope digunakan pada navigasi, kontrol rudal dan juga bidang penerbangan. Namum dalam era sekarang sensor ini sering ditemui pada smartphone dengan pengaplikasian pada game mobile 3D, seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds atau yang sering dikenal dengan PUBG.

Pada game mobile pemain diharuskan untuk mengarahkan karakter pada game tersebut untuk bergerak dengan cara mengusap layar smartphone. Dengan menggunakan sensor gyro pemain tidak harus mengusap layar lagi, pemain hanya perlu menggerakan smartphonenya sesuai dengan arah yang ingin dituju.

Baca Juga : Mengenal Sensor LiDAR

Kelebihan dan Kekurangan Sensor Gyroscope

Kelebihan Sensor Gyro

Sensor gyro memiliki kelebihan diantaranya :

  1. Pada pengaplikasian di smartphone dapat mendeteksi gerakan ponsel dari berbagai arah sehingga penggunaannya lebih fleksibel
  2. Dengan menggunakan sensor ini gambar yang dihasilkan lebih halus, tidak patah-patah.
  3. Sensor gyro tidak terpengaruh dengan gravitasi, sehingga penggunaannya lebih handal.

Kekurangan Sensor Gyro

Selain memiliki kelebihan, sensor ini juga memiliki kekurangan, diantaranya :

  1. Sensor gyro memiliki harga yang sangat mahal.
  2. Untuk memaksimalkan kinerja dari sensor ini membutuhkan perangkat lain, yaitu accelerometer.

Berikut pembahasan dari sensor gyro dari apa itu sensor gyro, cara kerja, pengaplikasian serta kelebihan dan kekurangannya.

Apabila terdapat kesalahan pada penulisan atau ada saran terhadap website ini bisa disampaikan pada Kontak Kami.

Referensi :

  1. Bakti Kominfo : INFORMASI TENTANG TEKNOLOGI GYROSCOPE, FUNGSI DAN CARA KERJANYA YANG WAJIB DIBACA
  2. Bakti Kominfo : GYROSCOPE SENSOR SEBAGAI ‘UPGRADE’ DARI ACCELEROMETER