Mengenal Sensor LiDAR dan Cara Kerjanya

Mengenal Sensor LiDAR dan Cara Kerjanya – Seperti yang kita tahu bahwa alat-alat elektronik banyak yang sudah menggunakan sensor pada perangkatnya. Sensor merupakan salah satu jenis komponen pada elektronika yang berfungsi mendeteksi suatu benda atau pergerakan. Seperti sensor api, sensor kelembapan tanah, sensor cahaya, sensor jarak dan sebagainya.

Sensor dapat diartikan sebagai indra pada tubuh manusia, salah satu jenis sensor yang lagi naik daun pada kali ini yaitu sensor Lidar. Kenapa sensor lidar naik daun?

Tetapi sebelum membahas mengenai kenapa sensor tersebut naik daun, kita bahas dulu pengertian, cara kerja dan komponennya.

Apa itu Sensor Lidar

LiDAR atau Light Detection and Ranging merupakan suatu metode yang digunakan untuk mendeteksi suatu objek dengan memantulkan sinar laser untuk mengujur jarak objek.

Metode ini pertama kali digunakan pada tahun 1960-an untuk keperluan penerbangan dan populer kembali pada tahun 1980-an sampai sekarang.

Baca Juga : Mengenal Sensor Gyroscope

Cara Kerja

Cara kerja sensor ini yaitu dengan memancarkan sinar laser ke suatu objek lalu sinar tersebut dipantulkan kembali dan mengenai detector pada sensor tersebut. Dengan menghitung waktu yang dibutuhkan sinar tersebut untuk kembali maka kita dapat menghitung jarak objek tersebut.

Karena kecepatan dari cahaya konstan yaitu 3×10^8 m/s maka jarak yang dihasilkan akan akurat. Dengan mengukur jarak maka kita dapat mengetahui permukaan objek tersebut.

cara kerja sensor lidar
Cara Kerja Sensor LiDAR

Komponen-komponen Penyusun

Laser

Laser digunakan sebagai media untuk memancarkan sinar atau cahaya yang digunakan untuk mengukur jarak. Laser yang umumnya digunakan pada sensor LiDAR yaitu laser yang memiliki panjang gelombang 1064 nm atau 532 nm (bathymetric meter).

Photo Detector dan Receiver

Perangkat ini berfungsi untuk merekam dan membaca pulsa laser yang dipantulkan kembali oleh objek. Detector yang biasanya digunakan yaitu photodioda dan photomultipliers.

Pemindai dan Optik

Kecepatan pemidaian suatu objek dihasilkan berdasarkan kualitas dari jenis pemindai yang digunakan. Jenis perangkat optik menentukan resolusi dan jangkauan yang dapat dipindai oleh sistem LiDAR.

Kenapa Sensor LiDAR Naik Daun

Sensor ini dipakai pakai perangkat iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, sebelumnya sensor ini juga dipakai pada perangkat iPad Pro. Dengan dipakainya sensor ini oleh produk dari iPhone maka tak heran jika sensor ini naik daun.

Dengan menggunakan sensor ini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max dapat meningkatkan kualiats dari AR (Augmented Reality). Dengan kata lain perangkat iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max dapat menempatkan objek digital pada dunia nyata yang dapat dilihat melalui layarnya.

Baca Juga : Penjelasan yang terkait dengan Elektronika