Solder Listrik : Pengertian, Bagian-bagian dan Cara Kerja

Sebuah alat elektronika terdiri dari berbagai komponen elektronik yang dirangkai menjadi satu bagian dan menghasilkan suatu alat yang memiliki fungsi tertentu. Untuk menggabungkan atau merangkai antar komponen tersebut membutuhkan suatu alat dan bahan, bahan tersebut berupa tenol dan alat tersebut adalah solder listrik.

Tenol adalah sebuah benda yang berfungsi sebagai perekat antar komponen sedangkan solder berfungsi untuk membantu tenol leleh sehingga antar komponen dapat terangkai.

Pengertian Solder Listrik

Solder adalah suatu alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi panas yang digunakan untuk membantu merangkai antar komponen elektronik. Solder akan mengeluarkan panas yang dapat melelehkan tenol yang digunakan untuk menempelkan antar komponen elektronika, seperti : dioda, resistor, kapasitor, transistor dan lain sebagainya.

Alat elektronika tersusun dari beberapa komponen yang dirangkai pada papan Printed Circuit Board (PCB), jadi solder berfungsi untuk merangkai komponen tersebut tepatnya kaki-kaki komponen tersebut dengan papan PCB.

Proses merangkai menggunakan solder disebut dengan soldering, sedangkan kebalikan proses dari soldering yaitu desoldering atau melepas tenol pada rangkaian atau komponen elektronika.

Bagian-Bagian Solder Listrik

Solder Listrik terdiri dari 3 bagian utama yaitu bagian pemanas, bagian mata solder dan bagian gagang solder.

Bagian Elemen Panas

Solder adalah alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Jadi terdapat komponen pada komponen pada solder yang digunakan untuk mengubah energi tersebut. Komponen tersebut merupakan elemen panas atau bagian pemanas pada solder, seperti yang terlihat pada gambar berikut :

solder listrik adalah
Elemen Panas Solder

Semakin besar tegangan yang dikenai pada elemen panas ini maka suhu yang dihasilkan oleh pemanas ini semakin panas dan juga sebaliknya apabila tegangan kecil maka panas yang dihasilkan juga kecil.

Namun terdapat beberapa komponen yang rusak apabila terkena suhu yang tinggi, komponen tersebut seperti : LED, Integrateed Circuit. Sehingga untuk menyolde LED dan IC hanya membutuhkan solder dengan tegangan kecil.

Bagian Mata Solder

Bagian ini berfungsi sebagai penghantar panas dari bagian elemen panas dan berfungsi sebagai bagian yang melelehkan tenol. Mata solder apabila sudah panas dapat melelehkan tenol. Mata solder berbentuk seperti tombak dengan tujuan agar dapat menjangkau komponen yang kecil. Berikut gambar dari mata solder :

solder listrik adalah
Mata Solder

Semakin tinggi kualitas dari mata solder maka akan semakin bagus hasil dari soldering karena tenol kecil kemungkinan untuk menempel pada mata solder.

Baca Juga : Bagian-bagian Tespen beserta Fungsinya

Bagian Gagang

Karena solder mengubah energi listrik menjadi energi panas maka terdapat kemungkinan untuk terkena listrik atau kesetrum dan juga terkena panas. Maka dengan itu terdapat komponen gagang yang berfungsi sebagai pegangan solder serta menghindari kemungkinan kesetrum dan terkena panas solder. Berikut bentuk gagang solder :

solder listrik adalah
Gagang Solder

Dengan itu maka gagang solder terbuat dari bahas yang isolator atau tidak dapat menghantarkan listrik dan bahan yang tidak menghantarkan panas.

Cara Kerja Solder Listrik

Cara kerja dari solder listrik sendiri sangat sederhana. Pertama listrik yang masuk pada solder diterima pada bagian pemanas (elemen panas) solder untuk diubah menjadi energi panas. Kepanasan hasil dari solder ditentukan juga oleh kekuatan solder dan tegangan listrik.

Kemudian panas tersebut dihantarkan pada bagian mata solder, mata solder berguna sebagai media untuk melelehkan tenol.

Penutup

Penggunaan solder disesuaikan dengan komponen yang akan disolder, apabila komponen tersebut akan rusak karena panas maka solder yang digunakan yaitu solder dengan tegangan rendah.

Harga solder listrik sangat beragam tergantung kualitas dan tegangan dari solder. Solder listrik terbaik yaitu solder dengan mata solder tidak lengket dengan tenol dan menghasilkan panas yang stabil.

Harga solder 40 Watt dimulai dari harga Rp. 15.000 via Tokopedia

Harga solder 60 Watt dimulai dari Rp. 50.000 via Tokopedia